D
|
iproduksi antara tahun
1969 hingga 1979 mesin Vespa Sprint 150 Veloce dirancang lebih dahsyat
ketimbang Vespa 150 Sprint. Dimana salah satunya adalah dengan ditanamkannya
karburator berukuran 20/20 dan saringan karburator yang
diperbesar.
Perubahan lainnya
adalah pada knalpot yg lebih besar sehingga menghasilkan suara berbeda dari
serie sebelumnya. Dengan top speed mesin mencapai 97km/h, ukuran body Vespa 150
Sprint Veloce sama dengan Vespa 150 Sprint. Veloce memiliki model baru dalam
bentuk lampu depan yang membulat dengan lingkaran 130mm
dan dilindungi oleh ring lampu beraksen krum. Terdapat lampu
kecil yang tersambung dengan lampu depan, berwarna hijau dikelilingi
oleh ring alumunium di stang bagian atas speedometer.
Speedometerpun mengalami perubahan yang kontras dibandingkan dengan Vespa 150 Sprint. Speedometer veloce dirancang sama dengan model Vespa Super serie terakhir yang berbentuk lebih kecil (clamshell), mempunyai warna putih fascia dengan maximum angka tertera 120 km/h.
Sama halnya dengan Vespa 150 Sprint, veloce memiliki logo model baru yang berbentukhexagonal (cung) tersematkan didepan mengganti logo P/ seperti serie vespa keluaran sebelumnya.
Dengan tidak menyertakan kembali striping alumunium yang terdapat pada spakbor depan dan box kiri-kanan. Pada awal produksinya, model handgrip veloce berwarna abu-abu terang dengan lambang Piaggio hexagonal didalamnya. Pada saat perjalanan produksi warna handgrip diganti hitam juga speedometer dan karet box kiri-kanannya.
Lampu belakang yang berbentuk kotak besar seakan
menyembul dari body bagian belakang berwarna merah menyala
dengan reflector menyatu didalamnya dan dilindungi oleh tutup yang terbuat dari
bahan plastic pada bagian atasnya dengan warna senafas
warna body.
Pada perkembangannya motif tulisan bagian depan dan belakangpun
ikut berubah. Tulisanvespa bagian depan menggunakan
font yang lebih tegas beraksen krum dimana setiap
hurufnya seakan disatukan oleh plat yang berbintik halus dan berwarna hitam dengan
posisi horizontal. Sementara itu pada bagian belakang tertulis vespa v. beraksen krum ter-emboss yang
dibingkai dengan bentuk segi empat memanjang dimana
dasar dari tulisan tersebut berwarna hitam berbintik halus dengan posisi
horizontal.
Adapun bahan dan material dari pada tulisan tersebut sama dengan
serie sebelumnya.Lapisan krum terdapat pada
bagian-bagian yang antara lain ring lampu depan, tutup kunci stang dan kunci
box bagasi. Lapisan beraksen seng terdapat pada bagian
standar, shockbreaker dan per bagian depan, baut dan mur, dan tutup bak
presneleng. Aksenphosfor menghiasi shock bagian belakang
(termasuk per, baut dan mur), per standar dan mur baut bagian mesin. Kesan
warna metal halus terdapat pada gagang rem depan dan
kopling, pedal rem belakang, gantungan barang, jengger spakbor, selahan, kunci
box mesin, kuku macan dan puteran kunci tangki. Sementara itu lapisan stainless terkesan
pada rumah saklar dan lis karpet karet tengah.
Adapun nomor serial body Vespa 150 Sprint Veloce terukir
dibagian kiri dibawah box bagasi dengan kode VLB1T 0150001-VLB1T
0368119. Pada perkembangannya seiring dengan perubahan-perubahan yang
terjadi pada beberapa bagian sebagaimana tersebut diatas, nomor serial body
pindah posisi ke sebelah kanan box mesin sama seperti produk-produk piaggio era
1980?an.
Namun demikian nomor
mesin tetap berada di bagian paha ayam mesin dekat pipa saluran knalpot. Bagian
lain yg memiliki warna alumunium adalah velg, tromol,
tutup kipas, fork depan, dan warna lapisan anti karatnya adalah abu-abu.
Seiring dengan warna-warninya kehidupan generasi 1970?an yang
dikenal dengan flower generation, Piaggio menangkap semangat
ini melalui pengaplikasian warna-warna cerah dalam produk Vespa 150 Sprint
Veloce. Apabila pada Vespa 150 Sprint hanya tersedia satu warna saja (silver
metalik), tidak demikian halnya dengan Vespa 150 Sprint Veloce.
Veloce dari tahun ke tahun memiliki option warna yang
berbeda-beda antara lain sebagai berikut: 1969-1970 warna silver metalik,
1970-1971 biru, 1971-1972 metalik putih rembulan, 1972-1973 merah, 1973-1975
hijau ascot, 1975-1976 hijau valombrossa, 1976-1979 biru marine dan abu-abu
polaris.
PRODUCTTION: 1969-1979
· engine: single cylinder, 2-stroke
· cylinder bore: 57 mm
· piston stroke: 57 mm
· cubic capacity: 145.45 cc
· bhp at rpm: 8/5000
· lubrication: 2%
· carburetor: Dell'Orto SI 20/20
· gears: 4
· chassis: one-piece metal pressing
· Tank Capacity: 7,7litres (2 US gallons)
· mileage: 2,08l/100Km (113mpg)
· tires: 2.75 x 9″
· weight: 89 kg (178lbs)
· max. speed: 97km/h (59mph)
· VIN scheme: VLB1T 150001-36811
Tidak ada komentar:
Posting Komentar