Rabu, 28 Desember 2016

Mau beli vespa bekas?

Vespa yang sedang menjadi tren lagi masa kini menjadi barang yang bisa di bilang langka tapi juga bisa di bilang menjadi lifestyle bagi anak muda . beda dengan kendaran motor yang cenderung di buat pada era melenium bahkan sampai taun 2016 produk-produk sepeda motor masih di buat di pabriknya masing masing ,beda dengan motor vespa klasik yang sudah tidak di produksi masa kini , mau beli vespa yang udah bertaun lalu di buatnya bahkan di buat sebelum kita lahir ? gimana tipsnya?
  • Jangan melihat motor dari keadaan luarnya ketika kita ingin membeli motor tua khususnya vespa jangan dilihat dari keadaan luarnya saja. Biasanya si pembeli suka tertipu ketika melihat body motor itu mulus, mulus disini dapat diartikan cat yang menempel pada body itu masih sangat bagus dan bahkan indah di lihat. kita juga sebagai pembeli tidak mau kan motor itu hanya bagus dari luarnya saja tetapi mesinnya bobrok.
  • Kenalilah suara mesin motor tersebut Coba anda nyalakan terlebih dahulu motor tersebut, Motor vespa yang masih fress biasanya ketika di gas dalam keadaan masuk kopling itu akan menyentak dan suaranya halus tidak besar sendiri.
  • Periksalah kopling vespa tersebut. Setelah anda memeriksa suara, cobalah untuk memeriksa koplingnya. Jika dalam keadaan motor menyala koplingnya susah untuk di pindahkan ada kemungkinan gigi silang vespa tersebut sudah habis. Tapi kemungkinannya banyak juga lho bukan hanya gig silang aja. Bisa jadi dari bak perseneling, dari rumah kopling,dari kampas kopling dan bahkan dari tali koplingnya jadi banyak juga kemungkinannya. 
  • Periksalah kipas pada vespa tersebut terkadang ada juga lho penjual yang tidak memasang kipas pada vespanya. Ini mungkin dikarenakan sudah bertahun-tahun tidak digunakan atau bahkan lupa dipasang. Setelah anda memastikan kipasnya terpasang dengan benar, coba anda pegang kipas tersebut dan goyangkan sambil ditarik kedepan dan kebelakang, jika kipas pada vespa tersebut dapat digoyangkan kedepan dan kebelakang bisa jadi klaher pada vespa tersebut sudah tidak bagus lagi, klaher ini sangat penting untuk pengapian jika klahernya sudah tidak bagus lagi secara otomatis vespa yang masih memakai pengapian platina, platinanya ini akan cepat berubah. Dan yang pasti vespanya juga jalannya udah ga enak lagi.
  • Periksalah lubang hisapan Caranya nyalakan mesin vespanya,Kalau dalam keadaan mesin menyala bensin menyembur keatas melalui lubang spuyer yang besar itu berarti hisapan yang ada di dalam mesin sudah tidak bagus lagi ini berarti hisapan yang ada dalam mesin harus di bubut kembali.
  • Periksalah peralatan tambahan Biasanya ketika saya membeli vespa saya Tanya dulu peralatan tambahannya seperti halnya ban cadangan, dan kunci-kunci seperti kunci busy. Kalau vespa ga ada ban serepnya wah bisa gawat banget tuchh sahabat.
  • Periksa surat-surat Nah ini yang paling penting nih memeriksa surat-surat. Periksalah surat-surat tersebut seperti stnk dan bpkb. Samakan lah nomor mesin dan nomor rangka yang ada di stnk dan di bpkb. Setelah itu sama kan kembali no mesin dan no rangka yang ada di stnk dan bpkb dengan no rangka yang ada di rangka vespa dan di mesin vespa. Ini penting karena untuk proses balik nama dan perpanjang pajak. Yachhh walaupun banyak vespa yang pajak nya mati dan suratnya ga lengkap. Tapi tetep saja kita harus menjadi warga Negara yang baik dengan cara membayar pajak vespa kita dengan tepat waktu.


Demikian info dari saya semoga dapat membantu agan dalam memilih vespa impian :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar